PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEORI BRUNER DI KELAS V SD WONOSARI 03 SEMARANG


Yuliana Pratiwi , 1401411074 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEORI BRUNER DI KELAS V SD WONOSARI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411074-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi yang dilakukan peneliti bersama kolaborator ditemukan masalah mengenai kualitas pembelajaran Matematika yang belum optimal pada siswa kelas V SD Wonosari 03 Semarang. Masalah tersebut diantaranya adalah guru belum mengawali pembelajaran menggunakan permasalahan nyata, penyajian masalah yang belum sesuai dengan kehidupan sehari-hari menyebabkan siswa kurang tertantang dan tertarik mempelajari materi pelajaran, tidak memberi kesempatan siswa untuk memanipulasi benda konkret dalam menyelesaikan masalah, kurang memberi kesempatan siswa untuk menggunakan berbagai sumber pengetahuan, kurang optimal dalam melatih siswa untuk dapat bertanggungjawab pada tugasnya baik secara individu maupun kelompok.Adanya permasalahan tersebut berdampak pada perolehan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Matematika yang belum optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan Problem Based Learning dan teori Bruner dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SD Wonosari 03 Semarang?”. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan masingmasing siklus dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Wonosari 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: Keterampilan guru meningkat setiap siklusnya dari skor rata-rata 33,5(baik) menjadi 43,5(sangat baik);Aktivitas siswa meningkat setiap siklusnya dari skor rata-rata 22,7(baik) menjadi 31,2(sangat baik);Iklim pembelajaran meningkat setiap siklusnya dari skor rata-rata 5,5(baik) menjadi 6,5(sangat baik);Materi pembelajaran meningkat setiap siklusnya dari skor rata-rata 7,5(sangat baik) menjadi 8(sangat baik);Media pembelajaran meningkat setiap siklusnya dari skor rata-rata 6(baik) menjadi 8(sangat baik);Kompetensi pengetahuan meningkat dari persentase ketuntasan klasikal 73% menjadi 85%, dan kompetensi sikap meningkat dari skor modus 3(baik) menjadi 4(sangat baik). Simpulan penelitian adalah penerapan Problem Based Learning dan teori Bruner dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Saran bagi guru yaitu perlu merencanakan pembelajaran dengan baik. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan gabungan Problem Based Learning dengan model pembelajaran lain atau dengan permainan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran Matematika; Problem Based Learning; Teori Bruner
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 15:02
Last Modified: 12 Nov 2015 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21609

Actions (login required)

View Item View Item