PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 01 SEMARANG

APRIATI SRI KUWITA GANDI, 1401411235 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2983Kb)

    Abstract

    Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dasar merupakan sarana pendidikan yang mengarahkan terbentuknya warga negara sebagai pribadi yang cerdas, terampil, demokratis, dan cinta tanah air. Hasil observasi yang telah dilakukan pada pembelajaran PKn masih dijumpai beberapa permasalahan diantaranya berbagai keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran belum optimal, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran nasih kurang yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hanya 19 siswa (40%) dari 48 siswa yang tuntas dalam pembelajaran PKn dengan KKM 66. Solusi dari masalah ini adalah dengan menerapkan model Problem Based Instruction berbantuan media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah “Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Problem Based Instruction berbantuan media audio visual di kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumalah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik nontes terdiri atas observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 18 (baik), siklus II memperoleh skor 22 (baik), dan siklus III memperoleh skor 27 (sangat baik); (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 16,92 (cukup), siklus II memperoleh skor 21,16 (baik), dan siklus III memperoleh skor 24,12 (sangat baik), (3) persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 65% (baik), siklus II meningkat menjadi 77% (baik), dan siklus III meningkat lagi menjadi 92% (sangat baik). Simpulan penelitian ini adalah melalui model Problem Based Instruction berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran model Problem Based Instruction berbantuan media audio visual dapat digunakan sebagai salah satu cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: audio visual; kualitas; pembelajaran; PKn; problem based instruction
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 12 Nov 2015 12:14
    Last Modified: 12 Nov 2015 12:14

    Actions (login required)

    View Item