ANALISIS SISTEM ANTRIAN SERI PADA FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN OPTIMALISASINYA (Studi Kasus di Puskesmas Ungaran Kabupaten Semarang)


Puji Robiati , 4111411002 (2015) ANALISIS SISTEM ANTRIAN SERI PADA FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN OPTIMALISASINYA (Studi Kasus di Puskesmas Ungaran Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4111411002-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari sering terjadi sebuah situasi dimana orangorang diharuskan untuk menunggu untuk mendapatkan jasa pelayanan. Fenomena menunggu tersebut sering disebut dengan antrian. Antrian dapat ditemui pada beberapa fasilitas pelayanan umum misalnya di sebuah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) model sistem antrian seri yang saat ini diterapkan di Puskesmas Ungaran Kabupaten Semarang; (2) ukuran keefektifan proses pelayanan pasien; dan (3) jumlah petugas di Loket Pendaftaran dan Apotek di Puskesmas Ungaran yang ideal. Metode penelitian yang digunakan meliputi beberapa tahap, yaitu studi pustaka, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Data yang digunakan yaitu data primer. Pengambilan data dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 22 April 2015 mulai pukul 07.30 WIB - 12.00 WIB. Data yang diambil meliputi waktu kedatangan pasien, waktu pasien mulai dilayani, serta waktu pasien selesai dilayani. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui beberapa langkah yaitu: (1) menentukan distribusi probabilitas dari data yang diperoleh dengan uji kebaikan suai – chi square; (2) menentukan model antrian; (3) menentukan ukuran keefektifan; dan (4) menentukan jumlah petugas yang ideal. Dari hasil analisis diperoleh bahwa sistem antrian pada Puskesmas Ungaran Kabupaten Semarang mengikuti model sistem antrian seri majemuk dengan 3 stasiun, stasiun pertama adalah Loket Pendaftaran, stasiun kedua yaitu Ruang Dokter, dan stasiun ketiga adalah Loket Apotek. Rincian model antriannya meliputi [M/M/1]:[GD/∞/∞] pada Loket Pendaftaran, model [M/M/7]:[GD/∞/∞] pada Ruang Dokter, dan [M/M/1]:[GD/∞/∞] pada Loket Apotek. Ini berarti sistem antrian mengikuti pola kedatangan yang berdistribusi Poisson sedangkan waktu pelayanan berdistribusi eksponensial dengan jumlah pelayan meliputi 1 petugas di Loket Pendaftaran, 7 Dokter di Ruang Dokter dan 1 petugas di Loket Apotek. Hasil efektivitas proses pelayanan pasien untuk sistem antrian seri majemuk 3 stasiun di Puskesmas Ungaran Kabupaten Semarang dengan perhitungan manual dan dengan software winQSB memberikan hasil yang sama, yaitu sebagai berikut:Lq=5 ;Ls=8 ;Wq=321,7384 ;Ws = 738,4533 . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh keadaan steady state karena jadi jumlah petugas di Loket Pendaftaran dan Loket Apotek di Puskesmas Ungaran Kabupaten Semarang yang ada sudah ideal dan sudah mencapai optimal yaitu 1 petugas, sehingga tidak perlu menambah petugas loket.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Antrian, Pelayanan Kesehatan, Optimalisasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 15:08
Last Modified: 12 Nov 2015 15:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21606

Actions (login required)

View Item View Item