PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASH CARD DI KELAS IVA SDN BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG


NANDA KARUNIA PERTIWI , 1401411064 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASH CARD DI KELAS IVA SDN BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411064-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS bertujuan membekali peserta didik untuk mengenal konsep berkaitan dengan kehidupan sosial di masyarakat serta mempunyai keterampilan memecahkan masalah dalam kehidupan sosial. Data awal menunjukkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IVA belum optimal, ditemukan permasalahan dalam kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Berdasarkan kondisi tersebut, perlu diadakan perbaikan melalui model Make a Match dengan media Flash Card. Rumusan masalah dalam penelitian ini “bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model make a match dengan media flash card di kelas IVA SDN Bojong Salaman 02 Semarang?”. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IVA SDN Bojong Salaman 02 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 30 siswa kelas IVA SDN Bojong Salaman 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 23 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 29 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 32 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 20,93 kategori baik, siklus II memperoleh skor 23,6 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 26,13 kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar klasikal siklus I sebesar 53,33% (belum tuntas) , ketuntasan klasikal siklus II sebesar 66,7% (belum tuntas), dan ketuntasan pada siklus III sebesar 76,66% (tuntas). Simpulan penelitian ini adalah kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dapat meningkat melalui model make a match dengan media flash card pada siswa kelas IVA SDN Bojong Salaman 02 Semarang. Saran bagi guru adalah model make a match dengan media flash card dapat dijadikan acuan sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran lain. Penerapan model make a match dengan media flash card hendaknya disesuaikan dengan materi pelajaran serta karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, model make a match, media flash card.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 14:49
Last Modified: 12 Nov 2015 14:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21603

Actions (login required)

View Item View Item