PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG


Niken Aristanti , 1401411061 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411061-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi peneliti di SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS di kelas V yaitu guru belum menerapkan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa dan guru hanya menggunakan media berupa gambar. Siswa juga kurang aktif mengikuti pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa kurang optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui model Quantum Teaching dengan media audio visual pada siswa kelas V SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I pertemuan pertama mendapat skor 24 (baik), kemudian meningkat pada siklus I pertemuan kedua menjadi 26 (baik), siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 31 (sangat baik), dan siklus II pertemuan kedua meningkat dengan skor 32 (sangat baik). (2) Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama mendapat skor 18,97 (baik), kemudian meningkat pada siklus I pertemuan kedua menjadi 19,92 (baik), siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 21,43 (baik), dan siklus II pertemuan kedua meningkat dengan skor 22,30 (sangat baik). (3) Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I pertemuan pertama sebesar 65,85%, pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 70,73%, siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 80,48%, dan pada siklus II pertemuan meningkat menjadi 82,92%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Quantum Teaching dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru yaitu penerapan model Quantum Teaching dengan media audio visual dapat dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audio visual, kualitas pembelajaran IPS, Quantum Teaching,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 14:43
Last Modified: 12 Nov 2015 14:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21602

Actions (login required)

View Item View Item