KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I, II, III BERBASIS KTSP DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


MARIA DYAH LELY GUMANTI , 1401411056 (2015) KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I, II, III BERBASIS KTSP DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411056-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran adalah tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga pembelajaran yang diharapkan adalah tentang kemampuan baru yang diperoleh dari suatu pelajaran. Pada kondisi dilapangan banyak guru yang hanya melakukan tugas sebatas mentransfer ilmu tanpa tahu bagaimana cara mengemas pembelajaran menjadi menarik perhatian siswa, sehingga banyak ditemui siswa yang kurang memiliki motivasi untuk giat belajar di sekolah. Tujuan penelitian untuk menggambarkan konidisi di lapangan tentang kemampuan guru sekolah dasar dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik berbasis KTSP di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Menggunakan sample 5 SD di Kecamatan Mijen, dengan 15 orang guru yang terdiri dari guru kelas I, II, dan III. Penelitian dilaksanakan selama tiga kali pertemuan ditiap sekolah. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dalam mengadakan variasi, aktifitas guru, dan respon siswa. Sumber data: guru, siswa, data dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik anlisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, rata-rata guru dalam tiap sekolah telah mengembangkan keterampilan dasar mengajar khususnya dalam mengadakan variasi pembelajaran. Secara keseluruhan semua telah mencapai skor ketercapaian indikator 13 – 19 dengan kriteria baik atau dengan presentase ketercapaian indikator 51 % - 75 %. Aktifitas siswa juga berbanding lurus dengan skor keterampilan guru, sehingga menunjukkan ada pengaruh keterampilan guru terhadap aktifitas siswa. Simpulan hasil penelitian adalah, observasi yang dilakuakn di 5 sekolah telah mewakili kondisi kemampuan guru kelas rendah secara keseluruhan terkhusus di Kecamatan Mijen yakni dalam mengadakan variasi pembelajaran dan menujukkan bahwa guru telah mengembangkan kemampuan dasarnya dalam mengadakan pembelajaran dengan baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guru; keterampilan; pembelajaran; variasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 14:37
Last Modified: 12 Nov 2015 14:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21601

Actions (login required)

View Item View Item