PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN WONOSARI 02 SEMARANG


NURUL BADRIYAH , 1401411055 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN WONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411055-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan media audiovisual di kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus tiap siklus satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) keterampilan guru di siklus I adalah 28 (baik), siklus II 32 (baik) dan siklus III sebesar 38 (sangat baik), (2) aktivitas siswa di siklus I adalah 25,56 (cukup), siklus II sebesar 30,37 (baik) dan siklus III sebesar 36,94 (sangat baik), (3) rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 68 (baik) , siklus II sebesar 74 (baik), dan siklus III sebesar 89 (sangat baik). Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan media Audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA. Sehingga sebaiknya guru menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan media Audiovisual dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual; IPA; kualitas; pembelajaran; PBL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 14:27
Last Modified: 12 Nov 2015 14:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21598

Actions (login required)

View Item View Item