PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VB SD N WATES 01 KOTA SEMARANG


KONI FITRIANI SUTRISNO , 1401411054 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VB SD N WATES 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411054-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan dan pengalaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil refleksi bersama guru mitra SDN Wates 01 Kota Semarang ditemukan masalah sebagai berikut: 1) guru masih melakukan komunikasi satu arah untuk menjelaskan materi, sehingga peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran; 2) guru masih dominan dalam pembelajaran dan belum membimbing siswa menemukan sendiri pemahamannya; 3) pembelajaran hanya didominasi siswa yang pandai. Maka berpijak pada kendala tersebut, peneliti memperbaiki pembelajaran melalui penerapan model Think Pair Share Berbantuan Media Video. Rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimanakah model pembelajaran TPS berbantuan video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA pada kelas VB SDN Wates 01?”Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dengan menerapkan model TPS Berbantuan Media Video pada siswa kelas VB SDN Wates 01 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini meliputi empat tahap dalam siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, obeservasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN Wates 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan guru siklus I diperoleh skor 16 kategori baik, siklus II diperoleh skor 25 kategori sangat baik dan siklus III diperoleh skor 27 kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 21,30 kategori baik, siklus II diperoleh skor rata-rata 25,69 kategori baik, siklus III diperoleh skor rata-rata 28,87 kategori sangat baik. Hasil belajar diperoleh ketuntasan klasikal siklus I sebesar 60,60%, siklus II sebesar 72,72%, siklus III sebesar 93%. Simpulan dari penelitian ini adalah model TPS berbantuan Media Video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas VB SDN Wates 01 Semarang. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan model pembelajaran TPS berbantuan Media Video sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video, TPS, Kualitas, Pembelajaran IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 14:20
Last Modified: 12 Nov 2015 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21597

Actions (login required)

View Item View Item