ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN 会, 能, 可以 DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA SEMESTER 4 ANGKATAN 2013 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Rizki Utami, 2404411003 (2015) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN 会, 能, 可以 DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA SEMESTER 4 ANGKATAN 2013 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2404411003-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sinonim dalam bahasa Mandarin disebut 同 义 词 (tóngyìcí). Sinonim adalah bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain. Pada bahasa Mandarin banyak kosakata yang bersinonim, salah satunya adalah kata 会、能、可以. Kata tersebut merupakan kata kerja bantu atau modal verbs. Modal verbs dalam bahasa Mandarin adalah 助动词 (zhùdòngcí) atau 能愿动词 (néng yuàn dòngcí). Tiga kata tersebut memiliki arti yang sama yaitu “bisa, dapat atau boleh”. Tetapi, penggunaan dalam kalimat berbeda. Kata 会 , 能 , 可 以 merupakan salah satu kata yang bersinonim yang sering terjadi kesalahan. Kesalahan pada pembelajar umumnya terjadi karena kurangnya pemahaman terhadap kata yang bersinonim dan keterbatasan buku yang membahas tentang sinonim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan penggunaan 会, 能、可以 dan cara mengatasi kesalahan penggunaan 会, 能, 可以 dalam kalimat bahasa Mandarin. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 angkatan 2013 prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang dengan sampel sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan yang banyak terjadi adalah pada kalimat menunjukan perkiraan atau pemikiran. Responden atau mahasiswa menjawab dengan menggunakan 能. Jawaban yang benar adalah menggunakan 会. Oleh karena itu, cara mengatasi kesalahan penggunaan 会 , 能 , 可 以 dalam kalimat bahasa Mandarin adalah pembelajar bahasa Mandarin harus mengetahui persamaan dan perbedaan penggunaannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesalahan, 会 , 能, 可以
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:06
Last Modified: 12 Nov 2015 21:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21592

Actions (login required)

View Item View Item