PEMANFAATAN PANTAI AYAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI KELAS X MATERI POKOK HIDROSFER SMA NEGERI SUMPIUH TAHUN AJARAN 2014/2015

Alin Anggini, 3201411001 (2015) PEMANFAATAN PANTAI AYAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI KELAS X MATERI POKOK HIDROSFER SMA NEGERI SUMPIUH TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1861Kb)

    Abstract

    Kegiatan belajar mengajar di sekolah idealnya harus didukung oleh penggunaan sumber belajar yang tepat. Pembelajaran secara langsung dengan memanfaatkan lingkungan untuk mempelajari objek kajian secara nyata dapat menjadi sumber belajar siswa dan sangat sesuai untuk mata pelajaran Geografi. Pantai Ayah di Kabupaten Kebumen dapat dijadikan sumber belajar Geografi untuk materi pokok Hidrosfer yang tepat bagi siswa kelas X di SMA Negeri Sumpiuh karena pemanfaatan Pantai Ayah yang kurang di bidang pendidikan, pembelajaran di kelas yang monoton, dan guru yang belum pernah menerapkan pembelajaran outdoor study di Pantai Ayah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran Geografi, menganalisis hasil belajar Geografi, dan mengetahui keunggulan dan faktor penghambat dari pelaksanaan pembelajaran Geografi materi pokok Hidrosfer dengan memanfaatkan Pantai Ayah sebagai sumber belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Sumpiuh tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 323 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan yang menjadi sampel adalah kelas X 9 dengan jumlah 33 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan descriptive persentase dimana hasil penelitian yang diperoleh melalui angket dideskripsikan tanpa bermaksud mengambil kesimpulan secara umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran outdoor study berjalan dengan sangat baik dengan persentase tahap persiapan 100%, tahap pelaksanaan 83,33%, dan tahap tindak lanjut 91,67%. Hasil belajar Geografi menunjukkan bahwa dari 30 sampel yang ikut, 24 siswa memperoleh nilai di atas KKM (76) dengan persentase 80% dan 6 siswa memperoleh nilai di bawah KKM dengan persentase 20%. Adapun keunggulan pelaksanaan pembelajaran outdoor study di Pantai Ayah yaitu meningkatkan pengetahuan tentang metode outdoor study, pembelajaran yang menarik, mengasah kreativitas siswa, meningkatkan sikap antusias dan sungguh-sungguh dan minat belajar,serta memiliki sarana dan prasarana pendukung yang baik. Faktor penghambatnya antara lain biaya, waktu, jarak, kondisi fisik, dan keamanan. Hambatan yang terbesar adalah jarak yang cukup jauh. Pemanfaatan Pantai Ayah sebagai sumber belajar Geografi di SMA N Sumpiuh perlu dilaksanakan sehingga dapat dijadikan program sekolah dan diadakan secara kolaboratif dengan mata pelajaran lain, serta dijadikan variasi pembelajaran bagi guru dalam mengajar Geografi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pantai Ayah, Sumber Belajar Geografi, Hidrosfer
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 08:46
    Last Modified: 12 Nov 2015 08:46

    Actions (login required)

    View Item