PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA ROLL THE CAN PADA SISWA KELAS IVB SDN PUDAKPAYUNG 01


SITI TRI LESTARI, 1401411049 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA ROLL THE CAN PADA SISWA KELAS IVB SDN PUDAKPAYUNG 01. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411049-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan menulis siswa kelas IVB SDN Pudakpayung 01 masih terdapat permasalahan. Kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan dalam bentuk tulisan masih kurang, antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis kurang, penggunaan model dan media belum maksimal, serta kurang bervariatif. Keadaan tersebut dibuktikan dengan nilai siswa pada aspek menulis belum memuaskan. Terdapat 21 siswa (51,2%) dari 41 siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan (≥ 64). Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan model Concept Sentence dengan media Roll The Can. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencaraan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Pudakpayung 01. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Penerapan model Concept Sentence dengan media Roll The Can meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IVB SDN Pudakpayung 01. Terbukti dengan adanya peningkatan hasil tes keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 69,21 dengan persentase ketuntasan klasikal 65,85% dalam kriteria tinggi, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75 dengan persentase ketuntasan klasikal 78,05% dalam kriteria tinggi, dan siklus III sebesar 77,6 dengan persentase ketuntasan klasikal 85,37% dalam kriteria sangat tinggi. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada setiap siklus diikuti dengan peningkatan aktivitas siswa. Pada siklus I memperoleh presentase keberhasilan 73,59% dalam kriteria tinggi, meningkat pada siklus II menjadi 84,15% dalam kriteria sangat tinggi, dan siklus III memperoleh presentase keberhasilan 91,46% dalam kriteria sangat tinggi. Simpulan dari peneliti adalah penerapan model Concept Sentence dengan media Roll The Can dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dan aktivitas siswa. Peneliti memberikan saran agar penggunaan model dan media pembelajaran lebih bervariatif, sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Deskripsi, Concept Sentence, Roll The Can
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 14:15
Last Modified: 12 Nov 2015 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21589

Actions (login required)

View Item View Item