PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV-A SDN TAMBAKAJI 04 NGALIYAN


MUFLIKHATUL HIDAYAH, 1401411234 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV-A SDN TAMBAKAJI 04 NGALIYAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411234-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV-A SDN Tambakaji 04 Ngalitan belum efektif, hal ini ditunjukkan dengan permasalahan yang muncul yaitu pembelajaran berpusat pada guru sehing- ga siswa belum dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan bekerjasama se- cara kolaboratif, kesulitan siswa dalam mengembangkan imajinasi kedalam gaga- san dan ide sehingga siswa kurang mampu mengungkapkan informasi dalam ben- tuk tulisan, serta media yang digunakan kurang fokus pada materi pelajaran. Ke- tuntasan hasil belajar klasikal hanya mencapai 44,44%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model Think-Talk-Write (TTW) berbantuan media grafis dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keteram- pilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV-A SDN Tambakaji 04 Ngaliyan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keteramilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV- A SDN Tambakaji 04 Ngaliyan. Jenis penelitian ini dalah penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pe- ngumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Analisis data dengan ana- lisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I mendapat skor 34, persentasinya 70,83% dengan kriteria baik, pada siklus II skor 45, persentasenya 93,75% dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 31, persentasenya 77,50% dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh skor 36,87, persentasenya 92,18% dengan kriteria sangat baik; (3) keterampilan menulis karangan siswa pada siklus I memperoleh rerata skor 75,7 dengan persentase ketuntasan klasikal 72,09%, pada siklus II memperoleh rerata skor 79,67 dengan persentase ketuntasan klasikal 82,22%. Simpulan dalam penelitian ini adalah melalui model TTW berbantuan media grafis dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keteram- pilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV-A SDN Tambakaji 04. Sa- ran dalam penelitian ini adalah guru dapat merancang, menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga aktivitas siswa dan pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karangan deskripsi; Media Grafis; Menulis; TTW
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 13:43
Last Modified: 12 Nov 2015 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21587

Actions (login required)

View Item View Item