PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWINGBERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN NGIJO 01 KOTA SEMARANG


ISYANA SHALI NARIYA , 1401411233 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWINGBERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN NGIJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411233-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil refleksi awal melalui data hasil belajar di kelas IV SDN Ngijo 01 yaitu 26,31% atau sebanyak 5 siswa di kelas IV mendapatkan nilai diatas KKM , sedangkan 19 siswa lainnya masih mendapatkan nilai mata pelajaran IPS dibawah KKM. Permasalahan tersebut terjadi karena adanya beberapa kendala yaitu guru kurang optimal dalam melaksanakan keterampilan dasar mengajar yaitu guru belum menggunakan variasi model dan media pembelajaran yang sesuai untuk mengajarkan mata pelajaran IPS. Guru dominan menggunakan metode ceramah sehingga berdampak pada siswa yang pasif, tidak mau bertanya dan tidak termotivasi untuk beraktivitas dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Ngijo 01. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Ngijo 01 tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kualitiatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru mencapai kategori sangat baik dan dinyatakan tuntas. Siklus satu keterampilan guru mencapai skor 20,5 meningkat pada siklus dua menjadi 30 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga dapat mencapai kategori sangat baik dan dinyatakan tuntas. Ketuntasan hasil belajar klasikal siswa dalam siklus satu 50,64% dan meningkat pada siklus dua menjadi 84,21%. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan scientific dengan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ngijo 01. Saran bagi guru adalah sebaiknya guru menggunakan pendekatan, model dan media dalam pembelajaran yang salah satunya dengan menerapkan pendekatan scientific dengan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media visual karena dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media visual, Snowball Throwing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 13:36
Last Modified: 12 Nov 2015 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21585

Actions (login required)

View Item View Item