PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG


Sabtian Sandra Pamula, 1401411229 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411229-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang secara umum bertujuan untuk mengembangkan potensi individu warga negara Indonesia untuk berpartisipasi secara cerdas dan bertanggung jawab dalam berbagai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Observasi awal kegiatan pembelajaran PKn di kelas IVB SDN Bojong Salaman 02 belum optimal. Data hasil belajar menunjukkan bahwa 65% (20 dari 31) siswa kelas IVB memiliki nilai rata-rata ulangan harian di bawah KKM (70) pada mata pelajaran PKn dengan nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 90. Guna Meningkatkan kualitas pembelajaran PKn di kelas tersebut dilaksanakan penerapan model pembelajaran Treffinger berbantuan media Audio Visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IVB SDN Bojong Salaman 02 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas IVB SDN Bojong Salaman 02 Semarang melalui model pembelajaran Treffinger berbantuan media Audio Visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Treffinger berbantuan media Audio Visual. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IVB SDN Bojong Salaman 02 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan teknik tes (evaluasi) dan teknik nontes (observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan angket). Teknik analisis data berupa kualitatif, kuantitatif, dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 33 dengan kriteria cukup, siklus II mendapatkan skor 45 dengan kriteria baik, dan siklus III mendapatkan skor 52 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 26,36 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II dengan skor 31,72 dengan kriteria baik. Pada siklus III aktivitas siswa memperoleh skor 36,30 dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 64,5%, sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 77,4%, kemudian pada siklus III ketuntasan belajar mencapai 90%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Treffinger berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada kelas IVB SDN Bojong Salaman 02 Semarang. Saran agar model Treffinger berbantuan media Audio Visual dapat membantu dalam pengkondisian kelas sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran PKn, treffinger, audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 13:32
Last Modified: 12 Nov 2015 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item View Item