PEMANFAATAN GEDEBOG KERING DALAM PEMBELAJARAN SENI LUKIS KOLASE BAGI SISWA KELAS XII IPA 1 MAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP


Janiyan Ramadhani, 2401410051 (2015) PEMANFAATAN GEDEBOG KERING DALAM PEMBELAJARAN SENI LUKIS KOLASE BAGI SISWA KELAS XII IPA 1 MAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2401410051-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berkarya seni rupa tidak terlepas dari alat dan bahan yang digunakan untuk berkarya. Bahan dalam berkarya seni bisa berasal dari alam, limbah alam dan hasil buatan manusia. Berdasarkan pengamatan di MAN Majenang, pembelajaran seni rupa tidak hanya terbatas pada penggunaan media kanvas dan cat minyak atau air, namun guru juga memperkenalkan media seni rupa yang lain kepada siswa. Salah satu media yang diperkenalkan oleh guru yaitu memanfaatkan gedebog kering dalam pembelajaran seni lukis kolase. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses kegiatan pemanfaatan gedebog kering dalam pembelajaran seni lukis kolase bagi siswa Kelas XII IPA 1 MAN Majenang Kabupaten Cilacap?, (2) bagaimana hasil karya pemanfaatan gedebog kering dalam pembelajaran seni lukis kolase bagi siswa Kelas XII IPA 1 MAN Majenang Kabupaten Cilacap?, (3) apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pemanfaatan gedebog kering dalam pembelajaran seni lukis kolase bagi siswa Kelas XII IPA 1 MAN Majenang Kabupaten Cilacap? Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah pemanfaatan gedebog kering dalam pembelajaran seni lukis kolase bagi siswa Kelas XII IPA 1 sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pemanfaatan gedebog kering dalam pembelajaran seni lukis kolase bagi siswa Kelas XII IPA 1 MAN Majenang Kabupeten Cilacap pada pelaksanaan pembelajaran berjalan lancar. Pelaksanaan pembelajaran menghasilkan berbagai karya lukis kolase yang cukup unik, menarik, bervariatif dan menunjukan hasil yang baik. Hasil evaluasi pembelajaran dari guru diperolah nilai rata-rata dari 24 siswa mencapai 79 tergolong dalam kategori baik. Kendala- kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu berkenaan dengan alokasi waktu pembelajaran dan kendala yang dialami siswa dalam proses pembuatan karya.Saran yang dapat direkomendasikan yaitu (1) guru sebaiknya mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik dan lebih kreatif dalam memilih metode pembelajaran agar siswa lebih mengetahui, memahami, dan termotivasi dalam membuat karya lukis kolase dengan memanfaatkan gedebog kering, (2) pihak sekolah hendaknya memberikan perhatian di semua aspek pendidikan seni, serta memberikan ruang khusus seni rupa dan kelengkapan penunjang lainnya yang diperlukan dalam proses pembelajaran seni rupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gedebog Kering, Pembelajaran, Seni Lukis, Kolase
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 13:41
Last Modified: 12 Nov 2015 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21583

Actions (login required)

View Item View Item