EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN TS-TS BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII PADA ASPEK KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI GEOMETRI


Dita Nur Fauzia , 4101411148 (2015) EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN TS-TS BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII PADA ASPEK KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI GEOMETRI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411148-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi, kemampuan siswa pada aspek komunikasi matematis masih kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa pada aspek komunikasi matematis yang menggunakan model Experiential Learning dengan TS-TS berbantuan LKS mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dan lebih dari kemampuan siswa pada aspek komunikasi matematis yang menggunakan model DI, untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model Experiential Learning dengan TS-TS berbantuan LKS dapat meningkatkan kemampuan siswa pada aspek komunikiasi matematis, dan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan siswa pada aspek komunikasi matematis yang menggunakan model Experiential Learning dengan TS-TS berbantuan LKS lebih dari peningkatan kemampuan siswa pada aspek komunikasi matematis yang menggunakan model DI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempuran tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 190 siswa yang terbagi dalam enam kelas yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, dan VIIF. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih dua kelompok sampel yaitu 31 siswa kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji kesamaan varians, uji proporsi, uji t, uji gain, dan uji beda rata-rata berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan siswa pada aspek komunikasi matematis yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model Experiential Learning dengan TS-TS mencapai ketuntasan belajar secara klasikal; (2) kemampuan siswa pada aspek komunikasi matematis yang menggunakan model Experiential Learning dengan TS-TS berbantuan LKS lebih dari kemampuan siswa pada aspek komunikasi matematis yang menggunakan model DI; (3) pembelajaran menggunakan model Experiential Learning dengan TS-TS berbantuan LKS dapat meningkatkan kemampuan siswa pada aspek komunikasi matematis; dan (4) peningkatan kemampuan siswa pada aspek komunikasi matematis yang menggunakan model Experiential Learning dengan TS-TS lebih dari peningkatan kemampuan siswa pada aspek komunikasi matematis yang menggunakan model DI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa pada Aspek Komunikasi Matematis, Experiential Learning, TS-TS, LKS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 13:33
Last Modified: 12 Nov 2015 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21582

Actions (login required)

View Item View Item