KEEFEKTIFAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR CUACA KELAS III MSI 14 DAN 15 MEDONO KOTA PEKALONGAN


Isy Maghfirotur Rohmatillah Dillah, 1401411227 (2015) KEEFEKTIFAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR CUACA KELAS III MSI 14 DAN 15 MEDONO KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411227-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk pada jenjang sekolah dasar. IPA merupakan rumpun ilmu, memiliki karakteristik khusus yaitu mempelajari fenomena alam yang faktual, baik berupa kenyataan atau kejadian dan hubungan sebab akibatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode Outdoor Study terhadap aktivitas dan hasil belajar materi cuaca pada kelas III MSI 14 dan 15 Medono Kota Pekalongan, sekaligus untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang pembelajarannya menggunakan Outdoor Study di luar kelas dengan siswa yang pembelajarannya konvensional di dalam kelas. Desain dalam penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Desain ini hampir sama dengan pretest-posttest control group design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas III MSI 14 dan 15 Medono Kota Pekalongan tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 73 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Data awal penelitian berupa nilai tes awal antara kelompok kontrol dan eksperimen. Rata-rata nilai hasil tes awal pada kelompok kontrol yaitu 48,47 sedangkan pada kelompok eksperimen yaitu 54,73. Sementara rata-rata nilai hasil tes akhir pada kelompok kontrol sebesar 80,97 sedangkan pada kelompok eksperimen sebesar 87,16. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar siswa kelompok kontrol sebesar 68,61% termasuk kriteria tinggi sementara kelompok eksperimen sebesar 76,35% termasuk kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian untuk uji hipotesis perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan uji Independent Samples T-Test, untuk aktivitas nilai thitung=5,415 lebih besar dari ttabel=1,994 dan signifikansi 0,000<0,05 sementara untuk hasil belajar thitung=2,688 lebih besar dari ttabel=1,994 dan signifikansi 0,009<0,05, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa antara yang menerapkan kegiatan pembelajaran secara Outdoor Study dengan pembelajaran secara konvensional.Hasil pengujian keefektifan metode Outdoor Study dengan menggunakan pooled varian, untuk aktivitas nilai thitung=5,581 lebih besar dari ttabel=1,994 sementara untuk hasil belajar thitung=2,69 lebih besar dari ttabel=1,994, sehingga dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menerapkan metode Outdoor Study lebih baik daripada aktivitas dan hasil belajar yang menerapkan model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, Outdoor Study
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 13:29
Last Modified: 12 Nov 2015 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21581

Actions (login required)

View Item View Item