PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN AUDIOVISUAL SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG


YUNI ERMA SAFITRI, 1401411226 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN AUDIOVISUAL SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411226-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum optimalnya pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa masalah yaitu guru belum menggunakan pembelajaran kooperatif dan media pembelajaran. Siswa kurang termotivasi dan cenderung pasif. Banyaknya siswa belum mencapai KKM. Ketuntasan hasil belajar IPS klasikal hanya mencapai 28,6%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model kooperatif tipe STAD berbantuan audiovisual siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) keterampilan guru siklus I mendapat skor 31 kategori sangat baik, pada siklus II meningkat dengan skor 33 kategori sangat baik, dan siklus III meningkat dengan skor 36 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 21,18 kategori baik, siklus II meningkat dengan skor 26,09 kategori sangat baik, dan siklus III meningkat dengan skor 27,36 kategori sangat baik. (3) Ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I 65,7%, pada siklus II 75,76 %, dan siklus III 87,88%. (4) Hasil belajar siswa ranah afektif siswa siklus I memperoleh skor 9,24 kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 9,69 kategori baik, pada siklus III memperoleh skor 10,72 kategori sangat baik. (5) Hasil belajar siswa ranah psikomotor siswa siklus I mendapat skor 12,16 kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 13,16 kategori baik, pada siklus III memperoleh skor 14,33 kategori sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah melalui model kooperatif tipe STAD berbantuan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang. Peneliti memberikan saran kepada guru agar lebih meningkatkan kualitas pembelajaran IPS menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan audiovidual secara efektif dan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, model STAD, media audiovisual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 13:25
Last Modified: 12 Nov 2015 13:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item View Item