PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN AUDIOVISUAL SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG


DWI RESTIYANTI, 1401411225 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN AUDIOVISUAL SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411225-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS yang berlangsung di kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang belum optimal karena guru dominan menggunakan metode ceramah, belum menggunakan media yang cocok dalam pembelajaran, serta kurangnya peran siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa 18 dari 29 siswa yang belum mencapai KKM (70). Oleh karena itu, perlu adanya upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Salah satunya adalah dengan menerapkan model cooperative learning tipe NHT. Penerapan model ini menuntut siswa untuk belajar sungguh-sungguh karena sewaktu-waktu guru dapat menunjuknya untuk menyampaikan pendapatnya. Peneliti juga menggunakan media powerpoint dan video untuk memperjelas pemahaman siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui Model Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Audiovisual di kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang? Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang, sebanyak 29 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data meliputi: siswa, guru, data dokumen, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru siklus I diperoleh skor 25 (baik), siklus II skor 31 (sangat baik), siklus III skor 35 (sangat baik). Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I skor 19 (baik), siklus II skor 20,24 (baik), siklus III skor 23,03 (sangat baik). Sedangkan rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 73,03 ketuntasan klasikal 68,96%, siklus II sebesar 74,31 ketuntasan klasikal 79,31%, siklus III sebesar 85,06 ketuntasan klasikal 93,10%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model kooperatif tipe NHT berbantuan audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang. Saran untuk guru dapat menerapkan model kooperatif tipe NHT berbantuan audiovisual pada pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, kooperatif tipe NHT, media audiovisual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 13:21
Last Modified: 12 Nov 2015 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21579

Actions (login required)

View Item View Item