PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III B SD LABSCHOOL UNNES


RATNA WULANDARI, 1401411221 (2015) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III B SD LABSCHOOL UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411221-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data awal yang diperoleh peneliti di kelas III B SD Labschool Unnes, ditemukan permasalahan keterampilan menulis narasi, siswa mengalami kesulitan dalam tugas menulis narasi yang diberikan guru, hal ini disebabkan keterbatasan media yang digunakan sehingga kurang memberikan ide-ide bagi siswa dalam menulis teks narasi, selain itu guru juga kurang menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif. Untuk mengatasi permasalahn tersebut, diterapkan model pembelajaran TPS berbantuan media gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas III B SD Labschool Unnes melalui model TPS berbantuan media gambar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran, aktivitas siswa dan keterampilan menulis dalam pembelajaran menulis narasi melalui model TPS berbantuan media gambar. Rancangan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III B SD Labschool Unnes. Data dikumpulkan dengan cara observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran siklus I memperoleh skor 18,5 dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 30. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 16,92 dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 24,52. Keterampilan menulis narasi meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal siklus I 61,9%, dan siklus II meningkat menjadi 85,71%. Simpulan penelitian ini adalah melalui model TPS dapat meningkatkan proses pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas III B SD Labschool Unnes. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam pembelajaran hendaknya guru lebih kreatif dan variatif dalam pembelajaran dan memperhatikan proses pembelajaran. Sedangkan siswa hendaknya dapat berpartisipasi aktif dan terjalin hubungan baik antara siswa dengan siswa, atau siswa dengan guru sehingga kelas menjadi kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis narasi, Think Pair Share, media gambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 13:04
Last Modified: 12 Nov 2015 13:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21573

Actions (login required)

View Item View Item