PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG


JUMI’ATI, 1401411216 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411216-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kualitas pembelajaran IPA rendah pada siswa kelas VA SDN Gisikdrono 03 Semarang. Hal tersebut ditunjukkan dengan ditemukannya beberapa masalah, di antaranya: guru belum optimal dalam mem- bimbing siswa untuk mencari dan menemukan konsep materi pelajaran secara mandiri, sehingga siswa belum termotivasi dan terfasilitasi untuk secara mandiri mempelajari materi pelajaran dengan penemuannya sendiri; guru kurang mem- bimbing siswa dalam memberikan masalah, sehingga siswa belum terbiasa berpi- kir secara kritis dan analitis, hal tersebut didukung data hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal mencapai 45%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual da- pat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VA SDN Gisikdro- no 03 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembel- ajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini ada- lah guru dan siswa kelas VA SDN Gisikdrono 03 Semarang dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Ana- lisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 25 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 34 dengan kriteria sangat ba- ik, dan siklus III memperoleh skor 36 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata jumlah skor 18,9 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh rata-rata jumlah skor 26,4 dengan kriteria baik, dan siklus III mem- peroleh rata-rata jumlah skor 30,5 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rerata skor 62,56, siklus II memperoleh rerata skor 71,61 dan siklus III memperoleh rerata skor 78,22. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar sis- wa siklus I persentase 56%, siklus II persentase 78%, dan siklus III persentase 83%. Simpulan penelitian ini adalah model inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VA SDN Gisikdrono 03 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar guru merencanakan pembelajaran dengan mengembangkan model pembel- ajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audio visual, inkuiri terbimbing, IPA, kualitas pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 12:59
Last Modified: 12 Nov 2015 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21571

Actions (login required)

View Item View Item