PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI BELAJAR CONCEPT MAPPING DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IVA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG


VIVI ASTUTI NURLAILY , 1401411038 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI BELAJAR CONCEPT MAPPING DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IVA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411038-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang. Hal ini disebabkan guru belum melatihkan strategi belajar dan cara belajar efektif, belum mengajarkan siswa menghasilkan pembelajaran bermakna dengan menghubungkan konsep utama dengan konsep lain sehingga siswa merasa cepat bosan, kurang antusias, kesulitan mengingat materi, belum mampu membuat peta konsep,yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah dengan ketuntasan klasikal 42,85%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi belajar concept mapping dengan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang terdiri atas keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang? Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IVA SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan masing-masing satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan: (1) Keterampilan guru pada siklus 1 52,50% kategoti baik, siklus 2 75% baik dan siklus 387,5% kategori sangat baik; (2) Aktivitas siswa pada siklus 166,56% kategori baik, pada siklus 2 75% kategori baik dan siklus 3 84,68% berkriteria sangat baik; (3) Respon siswa pada siklus 1 88,82% kategori sangat positif, siklus 2 94,11% kategori sangat positif, siklus 3 100% kategori sangat positif; (4) Hasil belajar dengan ketuntasan klasikal pada siklus 1 61,76%%,siklus 2 76,47% dan siklus 3 91,17% dari jumlah siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui strategi belajar concept mapping dengan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar IPA. Saran yang dapat diberikan adalah hendaknya guru menggunakan strategi belajar concept mapping dengan media powerpoint pada pembelajaran IPA karena membantu guru menyampaikan materi. Siswa hendaknya memperhatikan guru ketika memberi contoh menyusun peta konsep agar selesai tepat waktu. Sekolah hendaknya mendukung dan melengkapi penelitian untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPA, Strategi Belajar Concept Mapping, Media Powerpoint
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 12:56
Last Modified: 12 Nov 2015 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21570

Actions (login required)

View Item View Item