PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL SAVI DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVA SDN WONOSARI 03 SEMARANG


DYAYU KARTIKA WARDANI , 1401411037 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL SAVI DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVA SDN WONOSARI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411037-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di SDN Wonosari 03 kurang optimal karena dalam proses pembelajaran guru belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Guru belum mengajak siswa melakukan praktikum mengenai materi yang dipelajari, belum mengajak siswa untuk belajar melalui melihat dan mengamati, serta belum menggunakan multimedia dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada masih rendahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, serta masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IVA SDN Wonosari 03 Semarang? Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah menggunakan model SAVI dengan multimedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model SAVI dengan multimedia pada siswa kelas IVA SDN Wonosari 03 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan, setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IVA SDN Wonosari 03 Semarang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya adalag teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatnya (1) keterampilan guru pada siklus I pertemuan 1 skor 22 (baik), pertemuan 2 skor 26 (baik), siklus II pertemuan 1 skor 31 (sangat baik), pertemuan 2 skor 34 (sangat baik); (2) aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 rata-rata skor 15,21 (baik), pertemuan 2 rata-rata skor 17,59 (baik), siklus II pertemuan 1 rata-rata skor 20,96 (baik), pertemuan 2 rata-rata skor 24,71 (sangat baik); (3) ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 59% , kemudia meningkat pada pertemuan 2 menjadi 69%, pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 75%, dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 87%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah melalui model SAVI dengan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar kelas IVA SDN Wonosari 03 Semarang. Saran bagi guru adalah model SAVI dapat menjadi solusi dalam meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Model SAVI, Multimedia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 12:50
Last Modified: 12 Nov 2015 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21569

Actions (login required)

View Item View Item