KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CORE PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO TERHADAP PENINGKATAN LITERASI MATEMATIKA DAN RASA INGIN TAHU

Andy Rosadi , 4101411141 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CORE PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO TERHADAP PENINGKATAN LITERASI MATEMATIKA DAN RASA INGIN TAHU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Literasi matematika membantu siswa memahami peran matematika di setiap aspek kehidupan dan menggunakannya untuk membuat keputusan yang tepat dan beralasan. Menumbuhkan literasi matematika harus didukung dengan rasa keingintahuan terhadap hal-hal baru. Penanaman literasi matematika dan rasa ingin tahu pada siswa dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang mendukung. Salah satunya pembelajaran CORE pendekatan realistik berbantuan edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan literasi matematika dan rasa ingin tahu siswa, (2) mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa menyelesaikan soal serupa PISA, dan (3) mengetahui kualitas pembelajaran CORE pendekatan realistik berbantuan edmodo. Penelitian ini merupakan kombinasi model concurrent embedded dengan 70% kuantitatif dan 30% kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Penelitian kualitatif menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel diambil secara cluster random sampling dimana kelas VII I, VII J, dan VII H sebagai kelas eksperimen 1, eksperimen 2, dan kontrol. Ketiga kelas kemudian diuji untuk mengetahui literasi matematika dan rasa ingin tahu siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan untuk ketiga kelas penelitian dimana peningkatan literasi matematika dan rasa ingin tahu siswa kelas dengan pembelajaran CORE pendekatan realistik berbantuan edmodo lebih baik daripada kelas dengan pembelajaran CORE pendekatan realistik dan pembelajaran ekspositori. Dari wawancara diketahui bahwa kesulitan mengerjakan soal serupa PISA yang dihadapi subjek kelompok atas akibat kesalahan kebiasaan dan transformasi, kelompok tengah akibat kesalahan kebiasaan dan kemampuan proses, serta kelompok bawah akibat kesalahan kebiasaan, informasi, dan membaca. Hasil observasi menunjukkan pembelajaran yang terjadi berkualitas baik. Peneliti menyarankan bahwa pembelajaran CORE pendekatan realistik berbantuan edmodo dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran materi lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: CORE, Pendekatan Realistik, Literasi Matematika, Rasa Ingin Tahu.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 08:27
    Last Modified: 12 Nov 2015 08:27

    Actions (login required)

    View Item