ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN MODEL 4K BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS VII

Ajeng Dian Pertiwi , 4101411136 (2015) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN MODEL 4K BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis melalui pembelajaran model 4K berdasarkan tipe kepribadian Guardian, Artisan, Rational, dan Idealist. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Semarang yaitu seorang Guardian, Artisan, Rational, dan Idealist. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis mengacu pada kriteria kemampuan komunikasi matematis yakni: (1) kemampuan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan sesuai permasalahan (KKM 1); (2) kemampuan menuliskan jawaban sesuai dengan maksud soal (KKM 2); (3) kemampuan menuliskan alasan-alasan dalam menjawab soal (KKM 3); (4) kemampuan membuat gambar yang relevan dengan soal (KKM 4); (5) kemampuan menuliskan istilah-istilah dan simbol-simbol matematika (KKM 5); dan (6) kemampuan membuat simpulan secara tertulis menggunakan bahasa sendiri (KKM 6). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek tipe Guardian menguasai KKM 1, 2, 3, 4, dan 5, namun kurang menguasai KKM 6; (2) Subjek tipe Artisan menguasai KKM 1, 2, 3, dan 4, namun kurang menguasai KKM 5 dan 6; (3) Subjek tipe Rational menguasai keenam KKM, namun memiliki kecenderungan untuk tidak menuliskan alasan dalam menjawab soal; (4) Subjek tipe Idealist menguasai KKM 1, 2, dan 4, namun kurang menguasai KKM 3, 5, dan 6. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru memberikan pemahaman Rational untuk menuliskan alasan dalam menjawab soal, membiasakan dan membimbing Idealist menuliskan alasan dalam menjawab soal, memberikan pemahaman Artisan, Rational, dan Idealist mengenai makna istilah dan simbol matematika suatu materi di awal pembelajaran, dan membiasakan Guardian dan Idealist membuat simpulan secara tertulis.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, 4K, Tipe Kepribadian.
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 07:24
    Last Modified: 12 Nov 2015 07:24

    Actions (login required)

    View Item