PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA AKSARA JAWA NGLEGENA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 KEDAWUNG KABUPATEN BANJARNEGARA


Laspitarini Rahmawati , 1401411027 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA AKSARA JAWA NGLEGENA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 KEDAWUNG KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411027-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar membaca aksara Jawa nglegena kelas III SD Negeri 1 Kedawung, pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 masih rendah. Hal tersebut disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru lebih mendominasi dengan metode ceramah. Peserta didik lebih banyak duduk diam pada saat proses pembelajaran sehingga mudah merasa bosan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, guru perlu mengganti strategi pembelajaran yang digunakan. Guru perlu menggunakan strategi pembelajaran yang menitikberatkan pada keaktifan siswa (active learning). Untuk dapat membaca aksara Jawa nglegena dengan benar siswa perlu mendapat banyak contoh kata/kalimat berhuruf Jawa. Selain itu, siswa juga perlu berinteraksi dan berdiskusi dengan siswa lain, untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Apabila hal tersebut dilakukan maka akan membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tidak membosankan dan bermakna bagi siswa. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka peneliti menggunakan strategi Index Card Match untuk meningkatkan performansi guru, aktifitas, dan hasil belajar membaca aksara Jawa nglegena pada siswa kelas III SD Negeri 1 Kedawung. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 1 Kedawung, tahun ajaran 2014/2105 yang berjumlah 24 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu skor performansi guru minimal B (71), persentase keaktifan peserta didik minimal 75%, dan rata-rata hasil belajar siswa minimal 64, dengan persentase ketuntasan klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai performansi guru 73,93 (B). Persentase keaktifan siswa sebesar 77,23%, dan rata-rata nilai hasil belajar siswa 74,37, dengan ketuntasan klasikal 70,83%. Pada siklus II nilai performansi guru 86,93 (A). Persentase keaktifan siswa 81,69%, dan rata-rata nilai hasil belajar siswa 79,17, dengan ketuntasan klasikal 91,67%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimbulkan bahwa strategi Index Card Match dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Guru hendaknya selalu berusaha melakukan inovasi untuk memilih strategi pembelajaran yang digunakan. Sekolah hendaknya memberikan dukungan dan fasilitas kepada guru, agar guru dapat berinovasi dan berkreativitas dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aksara Jawa Nglegena, Hasil Belajar, Index Card Match, Strategi Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 12:23
Last Modified: 12 Nov 2015 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item View Item