PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI KNOW WANT LEARNED DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOS0 06 SEMARANG
HAMILATUR RIZQIYAH , 1401411021 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI KNOW WANT LEARNED DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOS0 06 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini ditemukan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan membaca pemahaman masih rendah di kelas IV SDN Purwoyoso 06. Berdasarkan refleksi guru bersama kolaborator ditunjukkan bahwa guru belum melakukan brainstorming terkait membaca, guru belum menggunakan strategi dan media yang menunjang pembelajaran membaca. Aktivitas siswa dalam bertanya belum baik, siswa kurang mampu menjawab pertanyaan terkait isi bacaan, dan siswa kesulitan menggali informasi terkait bacaan. Data pendukung adalah hasil belajar siswa, dari 38 siswa 20 siswa memeroleh skor di bawah KKM 66. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 dengan strategi know want learned dan media puzzle. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 38 siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06. Jenis data terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif dengan teknik tes dan nontes meliputi observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru meningkat dengan data siklus I memperoleh kriteria cukup, siklus II baik, dan siklus III baik. Peningkatan keterampilan guru ditunjukkan saat guru membimbing kelompok, pemilihan media yang tepat dan pemberian penghargaan untuk siswa yang aktif. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, siklus I memperoleh kriteria cukup, siklus II baik, dan siklus III baik. Peningkatan aktivitas siswa yaitu keaktifan, kerja sama kelompok, fokus siswa, dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil belajar siswa siklus I dengan persentase ketuntasan 57,18%. Pada siklus II dengan persentase 63,16 %, dan pada siklus III dengan persentase 78,94%. Simpulan dalam penelitian ini adalah strategi know want learned dengan media puzzle dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca pemahaman. Saran untuk perbaikan pembelajaran adalah guru perlu meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa dengan papan reward.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia, strategi know want learned, puzzle |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 12:14 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 12:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21564 |
Actions (login required)
View Item |