ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN


Siti Rokhimah , 4101411135 (2015) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411135-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Aritmetika Sosial berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 6 siswa dari 30 siswa kelas VII E SMP N 1 Buluspesantren dengan masing-masing 2 siswa dari kelompok atas, sedang, dan bawah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Newman sebagaimana dikutip olehParakitipong dan Nakamura (2006) menganalisis kesalahan dengan 5 jenis kesalahan (membaca soal, memahami masalah, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban). Clements sebagaimana dikutip oleh Jha (2012) menambahi dengan analisis kesalahan kecerobohan. Banyak subjek penelitian yang melakukan kesalahan yaitu membaca soal: dua subjek penelitian; memahami masalah: lima subjek penelitian; transfromasi: empat subjek penelitian; keterampilan proses: tiga subjek penelitian; penulisan jawaban: tidak ada; dan kecerobohan: dua subjek penelitian. Kesalahan yang dilakukan subjek kelompok atas: memahami masalah, transformasi, dan keterampilan proses; kelompok sedang: memahami masalah, transformasi, keterampilan proses, dan kecerobohan; dan kelompok bawah: membaca soal dan memahami masalah. Penyebab dari masing-masing kesalahan tersebut meliputi“membaca soal” siswa tidak bisa memaknai simbol atau istilah matematika yang ada meskipun sudah bisa membacanya dengan baik; “memahami masalah” siswa tidak bisa menjelaskan bagian-bagian dari hal yang diketahui dengan benar; “transformasi” siswa tidak menguasai dengan baik rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal; “keterampilan proses” siswa kurang memahami prosedur operasi matematika dengan baik; dan “kecerobohan” siswatidak teliti saat mengerjakan soal tapi bisa segera menyadari dan memperbaiki tanpa bimbingan peneliti. Oleh karena itu, untuk meminimalkan terjadinya kesalahan direkomendasikan siswa memahami rumus dengan dimengerti tidak dihafal, pembelajaran lebih dikaitkan dengan kehidupan seharihari agar lebih mudah dipahami dan diingat, dan memperbanyak latihan soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, soal cerita, Newman
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 12:14
Last Modified: 12 Nov 2015 12:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21563

Actions (login required)

View Item View Item