PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINTUNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD TUNAS HARUM BANGSA KOTA SEMARANG


FARAH NUR ANINA ILFA , 1401411020 (2015) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINTUNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD TUNAS HARUM BANGSA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411020-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil refleksi awal melalui data hasil belajar IPS di kelas IV SD Tunas Harum Bangsa Kota Semarang menunjukkan sebanyak 93,19% atau 11 dari 14 siswa mendapat nilai dibawah KKM yaitu 70. Permasalahan tersebut terjadi karena adanya beberapa kendala yaitu guru kurang optimal dalam melaksanakan keterampilan dasar mengajar antara lain guru belum menggunakan variasi model dan media pembelajaran yang sesuai untuk mengajarkan mata pelajaran IPS. Guru dominan menggunakan metode ceramah sehingga berdampak pada siswa yang pasif, tidak mau bertanya dan tidak termotivasi untuk beraktivitas dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Tunas Harum Bangsa Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Snowball Throwing berbantuan media Powerpoint pada siswa kelas IV SD Tunas Harum Bangsa Kota Semarang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes yang terdiri dari observasi, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran IPS, hal tersebut ditunjukkan dengan (1) skor keterampilan guru mengalami pningkatan pada setiap siklus dan mencapai kategori sangat baik; (2) skor aktivitas siswa mengalamu peningkatan pada setiap siklus dan mencapai kategori sangat baik; (3) hasil belajar IPS juga mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal pada siklus I 7,15% meningkat menjadi 21,43% pada siklus II, menjadi 85,71% pada siklus III. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Snowball Throwing berbantu media Powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Tunas Harum Bangsa Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, media Powerpoint, model Snowball Throwing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 12:07
Last Modified: 12 Nov 2015 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21562

Actions (login required)

View Item View Item