PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TALKING STICKBERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 02 KOTA SEMARANG


ERVIN INDRIYANI , 1401411019 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TALKING STICKBERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411019-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter sesuai Pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan hasil refleksi awal di kelas IV SDN Mangkangkulon 02 Kota Semarang ditemukan permasalahan dalam kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampilan guru aktivitas siswa, dan hasil belajar masih belum optimal, sehingga perlu diperbaiki. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Talking Stick berbantuan media audiovisualpada siswa kelas IV SDN Mangkangkulon 02 Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mangkangkulon 02 Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus yang terdiri dari satu pertemuan pada setiap siklusnya. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SDN Mangkangkulon 02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes (observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan). Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 17 (baik), siklus II mendapat skor 20 (sangat baik), meningkat pada siklus III dengan skor 21 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 16,27 (baik), siklus II mendapat skor 18,33 (baik)meningkat menjadi 20,56 (sangat baik) pada siklus III. Hasil belajar siswa siklus I mendapat ketuntasan klasikal sebesar 59,09%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 69,56% dan siklus III meningkat menjadi 82,6%. Simpulan penelitian adalah hipotesis tindakan terbukti, yaitu melalui model Talking Stickberbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampiloan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar kelas IV SDN Mangkangkulon 02 Kota Semarang. Saran dari peneliti adalah guru dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual, kualitas pembelajaran, PKn, Talking Stick
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 11:53
Last Modified: 12 Nov 2015 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item View Item