PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL STAD DENGAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG


Nitalia Minati Wijayanti , 1401411018 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL STAD DENGAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411018-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Matapelajaran IPS bertujuan untuk mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai, serta memiliki kemampuan berperilaku baik sehingga dapat berguna bagi dirinya sendiri, masyarakat dan negaranya. Dari refleksi yang telah dilakukan, kondisi kelas V kualitas pembelajaran IPS kurang optimal. Nilai terendah adalah 40 dan nilai tertinggi adalah 90, dengan rata-rata kelas 53,17. Siswa yang tuntas KKM sebanyak 26% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 74%. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V diterapkan pembelajaran model STAD dengan media microsoft powerpoint. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model STAD dengan media microsoft powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Salaman Mloyo Semarang? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Salaman Mloyo Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Salaman Mloyo Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 27 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 38 dengan kategori baik dan siklus III memperoleh skor 46 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 27,26 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 35,69 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh skor 39,57 dengan kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 56,52%, meningkat pada siklus II menjadi sebesar 74% dan semakin meningkat pada siklus III menjadi 86,97%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model STAD dengan media microsoft powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dan sesuai materi antara lain dengan menerapkan model STAD dengan media microsoft powerpoint untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, STAD, Microsoft Powerpoint
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 11:48
Last Modified: 12 Nov 2015 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21560

Actions (login required)

View Item View Item