Strategi Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Menggambar Ilustrasi di Kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang”.


Wida Rahayu , 2401402015 (2008) Strategi Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Menggambar Ilustrasi di Kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Strategi Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Menggambar Ilustrasi di Kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang”.]
Preview
PDF (Strategi Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Menggambar Ilustrasi di Kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang”.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Membahas persoalan dalam dunia pendidikan barangkali tidak akan ada berhenti sepanajang kehidupan manusia. Berdasarkan pemikiran tersebut, penulis tertarik untuk meneliti Strategi Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Menggambar ilustrasi di Kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan kondisi pembelajaran menggambar ilustrasi di kelas VIII B, untuk mengetahui dan menjelaskan strategi yang digunakan guru dalam pemberian motivasi kepada siswa dalam pembelajaran menggamabar ilustrasi di kelas VIII B, untuk mengetahui dan menjelaskan motivasi siswa dalam pembelajaran menggambar ilustrasi di kelas VIII B dan ingin mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian motivasi kepada siswa terhadap pemanfaatan strategi pengajaran guru dalam pembelajaran menggambar ilustrasi di kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang. Adapun manfaat penelitian ini antara lain: (1) Merupakan tambahan pustaka bagi guru kesenian pada umumnya dan pendidikan seni rupa pada khususnya, (2) Manfaat praktis bagi guru yaitu mengetahui strategi pemberian motivasi kepada siswa yang mencakup penguasaan strategi menggambar ilustrasi yang dapat dilakukan oleh guru seni rupa dengan melihat tujuan yang hendak dicapai. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian adalah SMP Negeri 21 Semarang. Digunakannya pendekatan deskripsi kualitatif karena untuk menelusuri dan menjelaskan gejala-gejala dan faktorfaktor yang berkaitan dengan segala yang diteliti diantaranya mendeskripsikan tentang strategi pemberian motivasi kepada siswa dalam pembelajaran menggambar ilustrasi di kelas VIII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Adapun analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif yakni reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kegiatan belajar mengajar (KBM) pembelajaran menggambar ilustrasi di kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang sudah memperlihatkan adanya hubungan interaktif antara guru dan siswa, karena tujuan pembelajaran guru telah disampaikan secara jelas, sehingga siswa sudah mengetahui ada beberapa siswa yang tidak mengetahui karena tidak memperhatikan. Hubungan antara guru-siswa dilakukan dengan tatap muka langsung, guru berkeliling menghampiri setiap siswa yang sedang mengerjakan tugas dengan memberikan pengarahan. Dalam pembelajaran menggambar ilustrasi yang dijadikan sebagai alat peraga yaitu contoh gambar ilustrasi, dengan harapan agar siswa mampu berkreasi, dan memahami gambar ilustrasi. Dalam mengajar praktek menggambar ilustrasi pengaturan siswa dilakukan kelompok kecil, siswa mencari sendiri objek yang akan di gambar sesuai dengan imajinasi menggambar. Strategi pemberian dalam upaya meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran menggambar ilustrasi di Kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang telah menunjukkan serentetan perbuatan yang mengarah kepada motivasi secara mantap. Hal ini terbukti dengan disampaikan tujuan belajar secara jelas kepada siswa, guru telah membantu siswa dalam faktor mengolah pesan. Motivasi siswa kelas VIII B dalam mengikuti pembelajaran menggambar ilustrasi telah terlihat dengan adanya dalam diri siswa. Tujuan pembelajaran ini telah mencapai tujuan yang telah diharapkan, yaitu membawa siswa untuk mengenal, berlatih, berkemampuan dan berpengalaman dalam seluruh kegiatan pembelajaran yang disampaikan guru, sehingga membawa perubahan atau bertumbuhnya kualitas dan kemandirian anak untuk membawa dirinya agar lebih baik. Faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam pemberian motivasi pada siswa pada pembelajaran menggambar ilustrasi di kelas VIII B menunjukkan adanya kesesuaian dengan faktor fisiologis, psikologis, dan lingkungan belajar. Berdasarkan empat simpulan dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa agar proses pembelajaran (belajar mengajar) menggambar ilustrasi lebih efektif, strategi yang diterapkan guru terhadap siswa harus sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Bagi guru seni rupa disarankan dapat menggunakan objek langsung dalam pembelajaran menggambar ilustrasi, mencari strategi yang tepat bagi siswa dalam pemberian motivasi terhadap pembelajaran menggambar ilustrasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pembelajaran menggambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 May 2011 02:25
Last Modified: 25 Apr 2015 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item