PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN 2 KALIORI BANYUMAS MELALUI MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PAPAN BERPAKU


Sangga Ary Winachyu, 1401411016 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN 2 KALIORI BANYUMAS MELALUI MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PAPAN BERPAKU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411016-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu materi pembelajaran matematika, yaitu sifat-sifat bangun datar masih sulit dipahami oleh siswa. Kesulitan itu terlihat dari pembelajaran yang dilakukan guru kurang kreatif dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengubah kegiatan pembelajaran agar lebih menyenangkan yaitu dengan memanfaatkan Model Jigsaw dengan bantuan media papan berpaku agar aktivitas dan hasil belajar serta performansi guru akan meningkat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 Kaliori Banyumas.Pengumpulan data siklus I dan siklus II dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes uraian. Teknik nontes berupa observasi dan performansi guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II.Pada siklus I, aktivitas belajar siswa sebesar 73,38%, nilai rata-rata kelas 73,69 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 73%, dan performansi guru mencapai 92,03. Sedangkan pada siklus II, aktivitas belajar siswa sebesar 91,07%, nilai ratarata hasil belajar siswa sebesar 87,27 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 92%, dan performansi guru mencapai 96,38. Dapat disimpulkan bahwa, dengan penerapan model pembelajaranJigsaw berbantuan papan berpaku dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar siswa, dan performansi guru kelas V SDN 2 Kaliori Banyumas. Selanjutnya, disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran Jigsaw berbantuan papan berpaku dalam pembelajaran matematika meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar; hasil belajar; Media Papan Berpaku; Model Jigsaw; sifat-sifat bangun datar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 11:43
Last Modified: 12 Nov 2015 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21559

Actions (login required)

View Item View Item