PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA INDAHNYA NEGERIKU MUATAN MATA PELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PBL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN NGALIYAN 03 SEMARANG


Yunia Tiara Riski , 1401411010 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA INDAHNYA NEGERIKU MUATAN MATA PELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PBL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN NGALIYAN 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411010-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara Indonesia (Pasal 31 UUD 1945). Permendikbud No. 103 tahun 2014 pasal 1 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Berdasarkan hasil observasi dan refleksi bersama guru kolaborator di SD Ngaliyan 03 Semarang, ditemukan permasalahan pada pembelajaran muatan mata pelajaran PPKn di Kelas IV SDN Ngaliyan 03 Semarang, guru terpaku dengan buku tema, siswa yaitu kurang aktif, sikap sosial spiritual siswa rendah saat pembelajaran dan 56,75% (19 dari 32 siswa) tidak tuntas muatan mapel PPKn. Masalah tersebut mendesak untuk diselesaikan. Peneliti termotivasi memperbaiki kualitas pembelajaran tema Indahnya Negeriku melalui model PBL dengan media Audio Visual. Alasan peneliti memilih pembelajaran dengan model PBL adalah dapat meningkatkan keterampilan intelektual dan membantu siswa menjadi pelajar mandiri serta mendorong siswa belajar mengorganisasikan sumber daya di lingkunganya(Sugiyanto, 2008: 116). Rumusan masalah penelitian adalah: bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran tema Indahnya Negeriku muatan mata pelajaran PPKn melalui Model PBL dengan Media Audio Visual di kelas IV SDN Ngaliyan 03 Semarang? Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran di kelas IV SDN Ngaliyan 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Ngaliyan 03 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa meningkat. Keterampilan guru siklus I memperoleh rerata skor 2,4 (cukup), siklus II rerata skor 3,2 (baik), siklus III rerata skor 3,8 (sangat baik). Aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh rerata skor 2,5 (cukup), siklus II memperoleh rerata skor 3,16 (baik), pada siklus III rerata skor 3,4 (sangat baik). Persentase ketuntasan meningkat dari siklus I sampai siklus III. Ketuntasan klasikal siklus I 66% nilai rata-rata 70,40. Siklus II 79% nilai rata-rata 79,59 dan siklus III ketuntasan klasikal 87% nilai rata-rata 86,40. Keterampilan siswa meningkat rerata skor 2,16 (Cukup), siklus II 2,74(Baik), siklus III rerata skor 3,76 (Sangat Baik). Sikap spiritual dan sosial siswa meningkat, siklus I memperoleh kriteria cukup (C), siklus II baik (B), siklus III memperoleh kriteria sangat baik (SB). Simpulan penelitian ini adalah model PBL dengan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema Indahnya Negeriku muatan mapel PPKn di kelas IV SDN Ngaliyan 03 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kurikulum 2013, tematik, Problem Based Learning, Audio Visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 11:32
Last Modified: 12 Nov 2015 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item View Item