PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN PUZZLE PADA SISWA KELAS IV B SDN SAMPANGAN 02 SEMARANG


MUHAMMAD ZULMI, 1401411567 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN PUZZLE PADA SISWA KELAS IV B SDN SAMPANGAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 1401411567-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berabntuan media Puzzle pada siswa kelas IV B SDN Sampangan 02 Semarang . Berdasarkan pengamatan peneliti, pembelajaran yang dilaksanakan guru kurang inovatif, siswa masih terlihat pasif dan kurang antusias media pembelajaran dari guru belum maksimal sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini ditunjukkan dari 36 siswa , hanya 14 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Solusi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Numbered Head Together berbantuan media Puzzle.. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berabntuan media Puzzle pada siswa kelas IV B SDN Sampangan 02 Semarang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV B SDN Sampangan 02 Semarang, sebanyak 36 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus masing-masing siklus satu pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data: guru, siswa, data dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes dan non tes, teknik anlisis data menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu keterampilan guru siklus I yaitu mendapat skor 27 dengan kriteria baik , siklus II mendapat skor 33 dengan kriteria sangat baik , dan III mendapat skor 36 dengan kriteria sangat baik. Skor aktivitas siswa pada siklus I yaitu mendapat rata-rata skor 16,3 dengan kriteria cukup , siklus II mendapat rata-rata skor 20,3 dengan kriteria baik , dan siklus III mendapat skor 23,5 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal adalah 69,4%, pada siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,3% , dan pada siklus III ketuntasan belajar klasikal mencapai 94,4%. Simpulan penelitian ini adalah model Numbered Head Together Berbantuan Puzzle dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV B SDN Sampangan 02 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bahwa penggunaan model Numbered Head Together berbantuan Puzzle dapat dijadikan alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, Numbered Head Together , Puzzle.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:05
Last Modified: 12 Nov 2015 21:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21554

Actions (login required)

View Item View Item