PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG


ERVINA AFRIANTIKA, 1401411214 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411214-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan mempunyai misi untuk menanamkan komitmen yang kuat dan konsisten terhadap prinsip dan semangat kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kepada peserta didik. Data awal menunjukkan bahwa pembelajaran PKn yang berlangsung di kelas IV belum optimal, dikarenakan guru belum optimal dalam mengelola kelas. Beberapa siswa cenderung gaduh. Selain itu guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran inovatif, sehingga siswa kurang aktif, dan beberapa siswa mendominasi pada saat diskusi. Ditunjukkan dengan data yaitu nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 77, dengan rerata kelas 54,6. Siswa yang tuntas sebanyak 23,8% dan siswa tidak tuntas sebanyak 76,2%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model pembelajaran two stay two stray berbantu media audio-visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Karanganyar 01 Kota Semarang? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Karanganyar 01 Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Langkah penelitian terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 42 siswa kelas IV SDN Karangayar 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 24 kriteria baik, siklus II memperoleh skor 27 kriteria baik dan pada siklus III memperoleh skor 33 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 17,7 kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 22,19 kriteria baik dan pada siklus III memperoleh skor 29,35 kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 47,6% , ketuntasan klasikal siklus II sebesar 62,1%, dan ketuntasan siklus III sebesar 83,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 24 kriteria baik, siklus II memperoleh skor 27 kriteria baik dan pada siklus III memperoleh skor 33 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 17,7 kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 22,19 kriteria baik dan pada siklus III memperoleh skor 29,35 kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 47,6% , ketuntasan klasikal siklus II sebesar 62,1%, dan ketuntasan siklus III sebesar 83,3%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audio-visual; kualitas; pembelajaran; PKn; two stay two stray
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 10:22
Last Modified: 12 Nov 2015 10:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21551

Actions (login required)

View Item View Item