PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 01 SEMARANG


SAIFA DINI DAMAYA, 1401411208 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411208-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Gunungpati 01 Semarang masih terdapat permasalahan. Siswa belum mampu mengembangkan kalimat menjadi karangan dengan baik. Model dan media yang digunakan guru belum mampu membina siswa secara maksimal agar terampil menulis.Hasil observasi didapatkan hasil belajar yaitu sebanyak 12 siswa atau 63,15% belum mengalami ketuntasan yaitu dari total keseluruhan 19 siswa. Peneliti berupaya meningkatkan keterampilan menulis dengan model picture and picture.Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi kelas IV SDN Gunungpati 01 Semarang menggunakan model picture and picture. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 01 menggunakan model picture and picture. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gunungpati 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Penerapan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Gunungpati 01 Semarang. Terbukti dengan peningkatan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 23, siklus II memperoleh skor 30, dan siklus III memperoleh skor 35. Aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 2,25 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 2,83 dengan kriteria baik dan siklus III memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 3,08 dengan kriteria baik. Keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I memperoleh rerata skor 65,26, siklus II memperoleh rerata skor 71,84 dan siklus III memperoleh rerata skor 72,63 dengan kriteria baik. Persentase ketuntasan klasikal nilai hasil keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I persentase 57,9%, siklus II persentase 73,7% dan siklus III persentase 89,4%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Gunungpati 01 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru merencanakan dan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga aktivitas siswa dan keterampilan menulis siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, karangan narasi, Picture and Picture
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 10:09
Last Modified: 12 Nov 2015 10:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21550

Actions (login required)

View Item View Item