PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN SUKOREJO 02 SEMARANG


Felicita Fadhlilla, 1401411206 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN SUKOREJO 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411206-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi awal diperoleh data melalui observasi di kelas V SDN Sukorejo 02 terdapat permasalahan dalam pembelajaran menulis laporan pengamatan. Guru belum menggunakan variasi dan memberikan contoh yang jelas dalam membuat laporan, sehingga siswa kesulitan mengemukakan gagasan dengan jelas, sulit menjabarkan kalimat dan menuangkan ide menjadi sebuah laporan. Pembelajaran juga belum menggunakan media yang mendukung dan menarik. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang belum optimal, ditunjukan dari 39 siswa terdapat 28 siswa yang mendapatkan skor di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 67 sedangkan 11 siswa mendapat skor di atas KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis lapo- ran pengamatan melalui model example non example dengan media audiovisual pada siswa kelas V SDN Sukorejo 02 Semarang?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis laporan pengamatan melalui model example non example dengan media audiovisual pada siswa kelas V SDN Sukorejoi 02 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual, example non example, laporan pengamatan, menulis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 10:03
Last Modified: 12 Nov 2015 10:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21549

Actions (login required)

View Item View Item