PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MULTIMEDIA DI SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 01 KOTA SEMARANG

AMINAH IMANISATYA PANGESTI, 1401411204 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MULTIMEDIA DI SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2467Kb)

    Abstract

    Pendidikan Kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang digunakan seba- gai wahana unutuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia. Hasil refleksi dengan kolaborator di- ketahui bahwa pembelajaran PKn yang berlangsung di kelas III A SD Hj.Isriati Baiturrahman 01 Kota Semarang diketahui bahwa guru belum menggunakan metode yang memaksimalkan penggunaan media, siswa belum aktif dalam pem- belajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar dalam pembelajaran PKn belum maksimal. Berdasarkan observasi terdapat 58,4% (10 dari 24 siswa) belum men- capai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti me- milih model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan Multimedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang dirangkum dalam keterampilan guru dalam mengelola kelas, aktivitas siswa dalam pembelajaran,dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus ter- diri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data berasal dari guru dan 24 siswa kelas III A SD Hj.Isriati Baiturrahman 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dengan tes dan non tes, serta meng- gunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan guru dalam mengelola kelas siklus I memperoleh kategori baik, siklus II dan siklus III memperoleh kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I mendapat kategori baik, siklus II dan siklus III diperoleh kategori sangat baik. Hasil belajar ranah kognitif diperoleh ketuntasan klasikal siklus I 72,7%, siklus II 90,75%, siklus III 100%. Hasil penilaian karakter siklus I diperoleh skor kategori baik, siklus II dan III diperoleh skor kategori sangat baik. Simpulan hasil penelitian adalah model kooperatif tipe Teams Games Tour- naments berbantuan Multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola kelas, aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa. Saran yang diberikan hendaknya guru dapat menerapkan model Teams Games Tournaments berbantuan Multimedia sebagai salah satu alternatif untuk mening- katkan kualitas pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 12 Nov 2015 04:49
    Last Modified: 12 Nov 2015 04:49

    Actions (login required)

    View Item