KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN KETERAMPILAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KTSP DI SD KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


FEBRIANA WAHYU NINGSIH, 1401411202 (2015) KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN KETERAMPILAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KTSP DI SD KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411202-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan bertanya adalah untuk memperoleh informasi. Data awal dari hasil observasi guru masih mengalami kesulitan dalam menyampaikan pertanyaan yang memancing siswa untuk menjawab. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penguasaan keterampilan bertanya bagi guru di SD Kecamatan Mijen dalam pencapaian pembelajaran tematik berbasis KTSP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penguasaan kemampuan guru melaksanakan keterampilan bertanya di SD Kecamatan Mijen dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tematik berbasis KTSP di dalam kelas? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar penguasaan kemampuan guru melaksanakan keterampilan bertanya di SD Kecamatan Mijen dalam kegiatan pembelajaran tematik berbasis KTSP di dalam kelas. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali observasi pada setiap guru kelas 1, 2, dan 3 di masing-masing sekolah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis sebelum lapangan, analisis selama di lapangan (reduksi data, penyajian data, verifikasi), analisis setelah selesai di lapangan. Hasil perhitungan observasi kemampuan bertanya guru dikategorikan sebagai berikut 54,25 ≤ skor ≤ 72 dinyatakan sangat baik, 36,5 ≤ skor < 54,25 dinyatakan baik, 18,25 ≤ skor < 36,5 dinyatakan cukup, 0 ≤ skor < 18,25 dinyatakan kurang. Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan 5 SD se-Kecamatan Mijen dalam menguasai kemampuan bertanya mempunyai persentase 66,6 % termasuk kriteria cukup baik. Perolehan skor dari tertinggi ke terendah diantaranya adalah SD N Ngadirgo 01 sebesar 70,1 % dengan kriteria baik, SD N Jatisari sebesar 69,4 % dengan kriteria cukup baik, SD N Tambangan 01 sebesar 69,1 % dengan kriteria cukup baik, SD N Ngadirgo 03 sebesar 64, 9 % dengan kriteria cukup baik, SD N Cangkiran 01 sebesar 59,4 % dengan kriteria cukup baik. Simpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar guru di 5 SD se- Kecamatan Mijen sudah menguasai keterampilan bertanya dengan baik namun terdapat beberapa indikator yang kurang dikuasai diantaranya adalah penggunaan pertanyaan melacak, terjadi peningkatan interaksi di dalam kelas, pengubahan tuntunan tingkat kognitif dalam menjawab pertanyaan, dan tidak memberikan pertanyaan yang dapat mengundang jawaban serentak. Saran bagi guru adalah guru lebih memperhatikan situasi dan kondisi kelas ketika guru memberikan pertanyaan kepada semua siswa aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bertanya, kemampuan, KTSP, pembelajaran, tematik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 09:42
Last Modified: 12 Nov 2015 09:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21546

Actions (login required)

View Item View Item