IMPLEMENTASI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS
MUHAMMAD YUSUF BAHTIYAR, 1401411201 (2015) IMPLEMENTASI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (994kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kualitas pembelajaran IPS menggunakan model role palying berbantuan wayang kelas III SD Tunas Harum Bangsa. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD Tunas Harum bangsa. Teknik pengumpulan data adalah teknik nontes dan tes.Hasil penelitian keterampilan guru siklus I memperoleh skor 25 kategori baik, siklus II 28 kategori baik, siklus III 33 kategori sangat baik. Hasil aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 25 kategori baik, siklus II memperoleh skor 26,06 kategori baik dan siklus III memperoleh skor 29 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 72,3 dengan ketuntasan belajar 60%, siklus II memperoleh skor rata-rata 73 dengan ketuntasan belajar 80%, dan siklus III memperoleh skor rata-rata 77 dengan ketuntasan belajar 85%. Simpulan penelitian ini adalah model role playing dengan media wayang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas III SD Tunas harum Bangsa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS; kualitas; pembelajaran; role playing; wayang |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Unnes Margi Fitriawan |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 09:37 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 09:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21545 |
Actions (login required)
View Item |