PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VB SDN WONOSARI 02


Lu’ul Khusnahwati, 1401411006 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VB SDN WONOSARI 02. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411006-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 menegaskan bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melakssanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas,terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasiladan UUD 1945. Berdasarkan kurikulum KTSP 2006, ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mencakup aspek-aspek, yaitu: (1) persatuan dan kesatuan bangsa; (2) norma, hukum, dan peraturan; (3) hak asasi manusia; (4) kebutuhan warga negara; (5) konstitusi negara; (6) kekuasaan dan politik; (7) pancasila; (8) globalisasi. Data observasi awal pembelajaran PKn menunjukkan berbagai permasalahan timbul yang mempengaruhi kualitas pembelajaran yang rendah, diantaranya faktor guru, siswa, dan fasilitas belajar. Guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif dan belum menggunakan media pembelajaran yang interaktif. Siswa cenderung pasif selama pembelajaran dan belum termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Selain itu media pembelajaran yang digunakan belum optimal dan belum melibatkan interaksi siswa secara langsung. Solusi permasalahan dilaksanakannya penelitian tindakan kelas menggunakan model Talking Stick dengan media CD interaktif. Model Talking Stick adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang dilakukan dengan bantuan tongkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Talking Stick dengan media CD interaktif pada siswa kelas VB SDN Wonosari 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan 3 siklus. Pada tiap siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas VB SDN Wonosari 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Keterampilan guru siklus I mendapat kategori cukup, siklus II meningkat menjadi baik, siklus III meningkat menjadi sangat baik. 2) Aktivitas siswa siklus I mendapat kategori cukup, siklus II meningkat menjadi baik, siklus III meningkat lagi sangat baik. 3) Hasil belajar siklus I mengalami ketuntasan klasikal kategori cukup, siklus II meningkat baik, siklus III meningkat lagi sangat baik, sehingga sudah mencapai indikator keberhasilan. Simpulan penelitian melalui model Talking Stick dengan media CD interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas VB SDN Wonosari02 Semarang. Saran yang diberikan hendaknya diterapkan model Talking Stick dengan media CD interaktif dalam pembelajaran PKn karena dapat meingkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD interaktif, Talking Stick, kualitas pembelajaran PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 08:59
Last Modified: 12 Nov 2015 08:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21542

Actions (login required)

View Item View Item