PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NHT DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IVA SDN KALIBANTENG KIDUL 01 SEMARANG


WIDYA NUR EVIANY , 1401411005 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NHT DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IVA SDN KALIBANTENG KIDUL 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411005-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IVA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang, tedapat masalah kualitas pembelajaran IPS yang belum optimal. Hal ini disebabkan kurangnya optimalisasi penggunaan model dan media pembelajaran yang inovatif yang berdampak pada keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa kurang optimal. Berdasarkan hasil evaluasi mata pelajaran IPS pada siswa kelas IVA Semester I SDN Kalibanteng Kidul 01 tahun pelajaran 2014/2015, dari 43 siswa terdapat 28 siswa (65,12%) yang nilaianya masih di bawah KKM (70), dan hanya 15 siswa (34,88%) yang tuntas. Diperlukan suatu perbaikan pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran NHT dengan media powerpoint. Rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model NHT dengan media powerpoint pada siswa kelas IVA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model NHT dengan media powerpoint pada siswa kelas IVA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Kalibanteng Kidul 01 sebanyak 43 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 28 kategori baik, pada siklus II mendapat skor 36 kategori baik, dan siklus III mendapat skor 46 kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat rata-rata skor 23,58 kategori cukup, siklus II mendapat rata-rata skor 30,65 kategori baik, dan siklus III mendapat rata-rata skor 40,12 kategori sangat baik. Hasil belajar ranah kognitif diperoleh ketuntasan klasikal 62,80%, siklus II 74,42%, dan siklus III 86,05%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran NHT dengan media powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas IVA SDN Kalibanteng Kidul 01. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan model NHT untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; kualitas pembelajaran; NHT; powerpoint
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 08:55
Last Modified: 12 Nov 2015 08:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21541

Actions (login required)

View Item View Item