PERANCANGAN IDENTITAS PERUSAHAAN SELERA BAKERY DI KOTA PEKALONGAN
Kusuma Wardhani, 2411410001 (2015) PERANCANGAN IDENTITAS PERUSAHAAN SELERA BAKERY DI KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Identitas perusahaan (corporate identity) merupakan salah satu aplikasi desain komunikasi visual yang difungsikan sebagai penanda sebuah perusahaan. “Selera Bakery” Pekalongan termasuk dalam Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memproduksi dan menjual berbagai jenis kue, antara lain catering snack, roti tart, dan kue kering. Semakin banyaknya UMKM yang telah berkembang di Indonesia menyebabkan makin tajamnya persaingan dan sebagai suatu usaha yang sedang berkembang, “Selera Bakery” membutuhkan suatu rancangan identitas perusahaan karena semakin banyaknya UMKM yang berkembang di Indonesia menyebabkan makin tajamnya persaingan bisnis. Tujuan proyek studi ini adalah menghasilkan rancangan identitas perusahaan “Selera Bakery” yang mencakupi logo, packaging, internal signage, external signage, merchandise, dan media release. Proses perancangan identitas perusahaan ini melalui tahap berkarya dengan urutan penetapan tujuan karya, analisis khalayak sasaran, studi kepustakaan, observasi, persiapan memotret, perancangan sketsa alternative desain, lay out, konsultasi dosen pembimbing dan persetujuan klien, pencetakan, serta penyajian karya desain. Pemilihan media dalam perancangan identitas perusahaan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan anggaran biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Konsep perancangan identitas perusahaan Selera Bakery adalah sweet and dynamic sesuai dengan citra perusahaan yang ingin ditampilkan. Berdasarkan hal tersebut, maka media yang dipilih dalam perancangan ini berupa logo; packaging; internal signage berupa x-banner dan vehicle; external signage berupa neon box dan dress code; merchandise; dan media cetak berupa katalog, poster, dan brosur. Melalui proyek studi ini telah dihasilkan rancangan identitas perusahaan bagi Selera Bakery Pekalongan berupa logo, packaging, internal signage berupa x-banner dan vehicle, external signage berupa neon box dan dress code, merchandise, dan media release berupa katalog, poster, dan brosur untuk digunakan sebagai media dalam upaya menampilkan citra perusahaan yang sedang dibangun kepada masyarakat. Diharapkan hal ini akan memberikan dampak positif dengan meluasnya segmentasi pasar, perusahaan semakin dikenal masyarakat, dan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perancangan identitas perusahaan, corporate identity, Selera Bakery Pekalongan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | nur fatihah unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 08:40 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 08:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21539 |
Actions (login required)
View Item |