KOMPARASI KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA KELAS X MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN INDEX CARD DAN WORKSHEET


Nisa'ul Lathifatul Khoir , 4101411102 (2015) KOMPARASI KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA KELAS X MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN INDEX CARD DAN WORKSHEET. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411102-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika materi limit fungsi aljabar adalah saat pembelajaran matematika, siswa mempunyai kebiasaan menunggu bimbingan dari guru dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal non rutin. Dengan demikian, kemampuan penalaran adaptif siswa kurang. Hal tersebut disebabkan jarangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang dapat menunjang kemampuan penalaran adaptif siswa. Upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif siswa diantaranya dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang dapat melatih siswa meningkatkan daya nalar mereka. Pada penelitian ini diterapkan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berbantuan index card dan worksheet. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui penerapan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berbantuan index card dan worksheet dalam meningkatkan rata-rata kemampuan penalaran adaptif siswa. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan penalaran adaptif siswa kelas X SMA N 1 Ungaran menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berbantuan worksheet lebih dari rata-rata kemampuan penalaran adaptif siswa kelas X SMA N 1 Ungaran menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berbantuan index card dan pendekatan saintifik dengan pembelajaran kooperatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Ungaran Kabupaten Semarang tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 7 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Terpilih tiga kelompok sampel, yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen 1, kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen 2, dan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan adalah uji gain, uji one way ANOVA, uji scheffe. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berbantuan index card dan worksheet dapat meningkatkan rata-rata kemampuan penalaran adaptif siswa. Diperoleh juga rata-rata kemampuan penalaran adaptif siswa kelas X SMA N 1 Ungaran menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berbantuan worksheet lebih dari rata-rata kemampuan penalaran adaptif siswa kelas X SMA N 1 Ungaran menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berbantuan index card dan pendekatan saintifik dengan pembelajaran kooperatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penalaran adaptif, discovery learning, pendekatan saintifik, index card, worksheet.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 08:31
Last Modified: 12 Nov 2015 08:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21538

Actions (login required)

View Item View Item