KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN APLIKASI PREZI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII


Destriawan Kurniadi , 4101411098 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN APLIKASI PREZI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411098-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dalam matematika merupakan hal penting bagi peserta didik. Model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah antara lain model pembelajaran Pair Check berbantuan aplikasi Prezi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Pair Check berbantuan aplikasi Prezi mencapai batas nilai ketuntasan tes kemampuan pemecahan masalah yaitu 70; (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran Pair Check berbantuan aplikasi Prezi dapat mencapai ketuntasan klasikal yaitu minimal 75%; (3) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran Pair Check berbantuan aplikasi Prezi lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran ekspositori; dan (4) keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran model pembelajaran Pair Check berbantuan aplikasi Prezi pada materi segitiga kelas VII berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A s.d VII D MTs AlIrsyad Gajah Demak. Sampel diambil secara cluster random sampling dan terpilih kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Pengambilan data diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan dua rata-rata, dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, uji rata-rata menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen telah mencapai nilai ketuntasan 70. Uji proporsi juga menunjukan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal. Uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik dari kels kontrol. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan keterampilan pemecahan masalah yang ditimbulkan model pembelajaran Pair Check berbantuan aplikasi Prezi mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 70%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran Pair Check berbantuan aplikasi Prezi efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Al-Irsyad Gajah pada materi segitiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pair check, aplikasi prezi, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan pemecahan masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 08:27
Last Modified: 12 Nov 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21536

Actions (login required)

View Item View Item