EFEKTIVITAS MODEL CPS BERPENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO BERORIENTASI PISA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN


Fauziah Nurul Inayah , 4101411095 (2015) EFEKTIVITAS MODEL CPS BERPENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO BERORIENTASI PISA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411095-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan pembelajaran yang efektif yang ditandai dengan ketuntasan belajar kemampuan literasi matematika; 2) mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika; 3) peningkatan kemampuan literasi matematika siswa; 4) kualitas pembelajaran; dan 5) mengetahui deskripsi karakter mandiri dan kemampuan literasi matematika siswa.Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dengan populasi normal dan homogen, yang diperoleh kelas VII F sebagai kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model CPS pendekatan realistik berbantuan Edmodo, kelas VII G sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model CPS pendekatan realistik, dan kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan scientific. Untuk data kualitatif, pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji rata-rata, uji proporsi, uji anava satu jalur, uji gain, dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) model CPS pendekatan realistik berbantuan Edmodo dan model CPS pendekatan realistik terhadap kemampuan literasi matematika mencapai ketuntasan belajar; 2) kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan model CPS berpendekatan realistik berbantuan Edmodo lebih baik dari kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan model CPS berpendekatan realistik dan siswa yang menggunakan pendekatan scientific; 3) kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan model CPS berpendekatan realistik berbantuan Edmodo dan siswa yang menggunakan model CPS berpendekatan realistik meningkat; 4) kualitas pembelajaran pada kelas siswa yang menggunakan model CPS berpendekatan realistik berbantuan Edmodo dan kelas siswa yang menggunakan model CPS berpendekatan realistik termasuk dalam kategori sangat baik; 5) karakter mandiri subjek pada kategori kelompok atas memenuhi semua indikator, karakter mandiri subjek pada kategori kelompok tengah hanya memenuhi 3-4 indikator dari 6 indikator, dan karakter mandiri subjek pada kategori kelompok bahwa hanya memenuhi 1-2 indikator dari 6 indikator; 6) subjek pada kategori kelompok atas memiliki kemampuan literasi matematika sangat baik, subjek pada kategori kelompok tengah memiliki kemampuan literasi matematika cukup baik, dan subjek pada kategori kelompok bawah memiliki kemampuan literasi matematika kurang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CPS (Creative Problem Solving), Pendekatan Realistik, Edmodo, Literasi Matematika, Karakter Mandiri.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 08:18
Last Modified: 12 Nov 2015 08:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21534

Actions (login required)

View Item View Item