PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KANCING GEMERINCING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVSDN SDN PUDAKPAYUNG KOTA SEMARANG


SUHARMANTO, 1401411566 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KANCING GEMERINCING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVSDN SDN PUDAKPAYUNG KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411566-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti menunjukkan bahwa dalam pembelajaran PKn di kelas IV dijumpai kendala yaitu siswa mengalami kendala dalam menguasai materi yang dipelajari. Posisi peserta didik masih dalam situasi dan kondisi belajar yang menempatkan siswa dalam keadaan pasif. Berdasarkan diskusi yang dilakukan oleh peneliti dan guru kelas IV, untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti bersama tim kolaborasi menetapkan alternatif tindakan dengan menggunakan model kancing gemerincing Berbantuan media audiovisual sehingga dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melaui model kancing gemerincing Berbantuan media audiovisual pada siswa kelas IV SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang?Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Pudakpayung 02 dengan model kancing gemerincing Berbantuan media audiovisual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dua pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data meggunakan nontes dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantittatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan guru siklus 1 skor 26 dan 29 ( baik), siklus II skor 34 dan 36 ( sangat baik); (2) aktivitas siswa siklus I skor 18,1 dan 22,1 (baik), siklus II 23,8 ( baik ) dan 25,6 (sangat baik); (3) presentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 54,5% dan 68% (tidak tuntas), siklus II 77,3% (tidak tuntas) dan 90 % ( tuntas). Dapat disimpulkan bahwa Penerapan model kancing gemerincing Berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Saran yang dapat diberikan penulis penerapan model kancing gemerincing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, Kualitas Pembelajaran PKn, Kancing Gemerincing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 08:13
Last Modified: 12 Nov 2015 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21533

Actions (login required)

View Item View Item