KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP KELAS VII


Erni Widyadini , 4101411083 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411083-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dalam matematika merupakan hal penting bagi peserta didik untuk menerapkan keterampilan pemecahan masalah di situasi sosial. Model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah antara lain model PBL berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) penerapan model PBL berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik efektif; (2) bagaimana keterampilan proses peserta didik kelas VII pada pembelajaran model PBL berbasis etnomatematika. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Kesatrian 2 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi dan tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata, uji proporsi, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan: (1)model PBL berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik efektif, ditunjukkan dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik mencapai ketuntasan individual dan ketuntasan klaksikal, serta rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen adalah 82,33 dan kelas kontrol adalah 76,11; (2)rata-rata skor keterampilan proses adalah sebesar 73,89, dengan skor keterampilan proses terendah adalah 61,15 dan tertinggi 87,31. Simpulan yang diperoleh adalah: (1) pembelajaran model PBL berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik efektif; (2) rata-rata skor keterampilan proses adalah sebesar 73,89, dengan skor keterampilan proses terendah adalah 61,15 dan tertinggi 87,31. Saran yang dapat disumbangkan adalah: (1) Pemilihan soal-soal pemecahan kontekstual bernuansa budaya lokal perlu diperhatikan; (2) Persiapan perangkat pembelajaran, pengelolaan waktu, dan pengelolaan kelas harus diperhatikan; (3) Adanya penyesuaian terlebih dahulu antara model PBL berbasis etnomatematika dengan materi yang akan diajarkan, supaya mudah untuk mengaitkan soal pemecahan masalah dengan budaya lokal setempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Problem Based Learning (PBL), Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 08:13
Last Modified: 12 Nov 2015 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21532

Actions (login required)

View Item View Item