KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN WORKSHEET TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DAN KERJA SAMA SISWA KELAS VII
Niken Ramandha Wulan Sari , 4101411082 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN WORKSHEET TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DAN KERJA SAMA SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pemecahan masalah bagian dari kurikulum matematika yang penting, karena siswa memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada masalah sehari-hari. Salah satu model pembelajaran yang menggali kemampuan pemecahan masalah siswa adalah REACT. Kerja sama dapat menghilangkan hambatan mental akibat terbatasnya pengalaman dan pandangan yang sempit, hal ini penting agar berhasil dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai model pembelajaran REACT berbantuan worksheet mencapai KKM, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai model pembelajaran REACT berbantuan worksheet lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran STAD, (3) kemampuan kerja sama siswa yang dikenai model pembelajaran REACT berbantuan worksheet lebih tinggi daripada kemampuan kerja sama siswa dengan model pembelajaran STAD dan (4) ada pengaruh signifikan kemampuan kerja sama terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan true experimental design dengan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ungaran tahun pelajaran 2014/2015 dengan sampel diambil secara cluster random sampling. Analisis data menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji Independent Samples T Test dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model REACT berbantuan worksheet efektif karena: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai model pembelajaran REACT berbantuan worksheet mencapai KKM individual dan KKM klasikal sebesar 87,87%, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai model pembelajaran REACT berbantuan worksheet adalah 80,69 sedangkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran STAD sebesar 76,77, (3) kemampuan kerja sama siswa yang dikenai model pembelajaran REACT berbantuan worksheet yaitu 72,15 sedangkan kemampuan kerja sama siswa dengan model pembelajaran STAD adalah 67,94 dan (4) ada pengaruh signifikan kemampuan kerja sama terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 58,3%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran REACT berbantuan worksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan kerja sama pada pembelajaran matematika materi segiempat efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerja Sama, Pemecahan Masalah, REACT, Worksheet. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | suprianto mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 08:09 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 08:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21531 |
Actions (login required)
View Item |